SELAMAT DATANG DIBLOG KAMI EXS PETUGAS LAPANGAN GERHAN (PLG) BPDAS CIMANUK CITANDUY JAWA BARAT KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN SALAM HIJAU INDONESIA

Rabu, 04 November 2015

5 TIPS PERSEMAIAN ALBAZIA DILAPANGAN






sumber : ronyalafgani (2022)

Berikut 5 tips untuk membuat persemaian bibit Albasia  berdasarkan pengalaman  dilapangan :

1.   Akan lebih baik apabila menggunakan tanah bukan top soil, ini untuk mencegah pertumbuhan gulma yang berlebihan  dalam media semai. Untuk media semai sesuai dengan aturan dengan menggunakan perbandingan tanah, pasir , dan kompos dengan perbandingan tertentu. Kondisikan agar media tanam seporos mungkin dengan kandungan hara yang cukup.
2.   Dalam pengisian media kedalam plastic polibag usahakan media jangan terlalu ditekan penuh cukup dikokohkan dengan cara menepuk nepuk pangkal polibag yang telah diisi.
3.   Ketika proses pegisian biji/benih kedalam media semai sebaiknya bibit langsung ditanam dalam media. Apabila sebelumnya dilakukan penaburan terlebih dahulu maka kemungkinan ketika proses penyapihan akan menimbulkan luka mekanis pada akar sehingga mempengaruhi daya tumbuh dan toleransi dalam persemaian.
4.   Benih atau biji sebelum ditanam usahakan benih tersebut sudah keluar bakal akar terlebih dahulu, ini untuk memastikan prosentasi tumbuh bibit.
5.   Perlakuan benih/ biji sebelum ditanam atau ditabur dilapangan dengan cara merendam dengan menggunakan air panas (70oC) dan biarkan sampai dingin. Kemudian benih ditiriskan dan dibiarkan selama satu sampai dua hari sampai timbul bakal akar. Benih yang telah ditiriskan diusahakan selembab mungkin sehingga tidak mempengaruhi pertumbuhan bakal akar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar